11 March 2011

Kaskus Ekspansi Target Rekrut 150 Staf Baru

Menjadi situs nomor satu di Indonesia, menduduki pemuncak industri internet tanah air, serta ekspansi menjadi pemain kelas dunia. Itulah tiga target utama Kaskus, komunitas online terbesar di nusantara.

Target-target tersebut diungkapkan Ken Dean Lawadinata (CEO Kaskus) kepada para jurnalis dan blogger di Ballroom Hotel Kempinski Indonesia, siang tadi (9/3).
Guna mencapainya, Ken memaparkan sejumlah strategi bisnis Kaskus pada tahun 2011. Jurus utama yaitu “memecah” Kaskus menjadi empat divisi berbeda, yakni Kaskus Forum (http://www.kaskus.us), Forum Jual Beli (FJB) Kaskus (http://fjb.kaskus.us), KasPay (http://www.kaspay.com), dan KasAds (http://kasads.kaskus.us).

Untuk menangani empat divisi yang berbeda bidang tapi satu atap ini, tentu dibutuhkan sumber daya manusia yang banyak pula. Oleh karena itu, Kaskus siap mengadakan rekrutmen besar-besaran dengan target 150 karyawan baru dalam 2,5 tahun ke depan. “Untuk tahun ini, kira-kira 75 orang [karyawan baru],” Ken menyebutkan.
Perubahan juga akan dilakukan pada sisi antarmuka dan sistem. Kaskuser (sebutan untuk pengguna Kaskus) nantinya bakal bisa menemukan empat feature Kaskus (Forum, FJB, KasPay, dan KasAds) pada satu laman.

Khusus FJB, sedang dipersiapkan sistem baru untuk menentukan reputasi penjual (seller) berdasarkan jejaring yang dimiliki, aktivitas, dan hobi. “Akhir April nanti akan keluar versi Alpha-nya,” ungkap Ken.
Sementara itu, pada sisi infrastruktur, Kaskus berencana menambah server hingga 250 unit blade. Hal ini dilakukan demi melayani jumlah dan aktivitas lebih dari 2,6 juta Kaskuser yang tumbuh drastis tiap bulan. Biaya yang diinvestasikan untuk pembelian server anyar pada kuartal pertama saja mencapai US$500.000.

Bukan hanya versi desktop, Kaskus juga akan menggarap pasar mobile. Keseriusan mereka terlihat dari kesuksesan “membajak” Eric, seorang anak bangsa, dari kantor pusat Microsoft di Redmond, AS untuk mengepalai Mobile Division Kaskus. Sebelumnya, Eric pernah bekerja dalam tim pengembang sistem operasi Windows untuk platform bergerak.

Baru-baru ini, Kaskus pun telah memperoleh suntikan dana dan mentoring inkubasi dari investor lokal, PT Global Digital Prima, salah satu unit bisnis milik Grup Djarum yang bergerak di bidang industri digital.

Sumber : Infokomputer.com

0 bacod:

Post a Comment

 
;